Selasa, 06 Januari 2015

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA GLOBAL




TUGAS INDIVIDU 
MATA KULIAH
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA 
TENTANG
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA GLOBAL
 










OLEH:
LAILATUL QOMARIYAH
                                                                   11316203778            
 DOSEN PENGAMPU:
DICKI HARTANTO,M.M
JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM SULTAN SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU 2014/2015 

BAB I
 PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Sumber daya manusia merupakan  salah satu faktor kunci dalam persaingan global, yaitu bagaimana mencipatakan sumber daya manusia  yang berkualitas dan memiiki keterampilan serta berdaya saing  tinggi dalam persaingan  global yang selama inisering diabaikan. Globalisasi yang sudah pasti dihadapi oleh bangsa indinesia menuntut adanya efisiensi dan daya saing dalam dunia usaha. Dalam globalisasi yang menyangkut hubungan interaregional dan internasional akan terjadi persaingan antara negara.
Manajemen sumberdaya manusia adalah rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efesien  guna mencapai tujuan-tujuan organisasional. Dalam sebuah lingkuangan dimana angkatan kerja terus bertambah, hukum berubah, manajemen  sumber daya mnausia harus  terus berubah dan berkembang. Hal ini sangat benar ketika manajemen beroperasi secara global.

B.     Rumusan Masalah
1.      Pengertin sunberdaya manusia
2.      Pengertian sumberdaya manusia global
3.      Aktivitas MSDM
4.      Jenis-jenis MSDM global

C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui apa itu manajemen SDM global
2.      Mengetahui jenis-jenis MSDM global
3.      Dan mengetahui aktivitas serta teori-teori MSDM

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Definisi manajemen sumber daya manusia global
Sebelum mengulas MSDM global disini akan saya ulas sedikit tentang MSDM
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur  proses pemanfaatan sumber daya manusia  dan sumber-sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai  suatu tujuan tertentu. Manajemen ini mempunyai 6 unsur (6M) yaitu: men, money, methode, materaials, machines, dan market.
Manajemen sumber datya manusia adalah ilmu dan seni yang mengatur  hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien  membantu  terwujudnya  tujuan  perusahaan, karyawan, dan masyarakat
Fungsi-fungsi manajemen  sumber daya manusia terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pengadaan, pengembangan kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan,  kedisiplinan, dan     pemberhentian.
Tujuannya ialah agar perusahaan mendapatkan rehabilitas laba yang lebih  besar dari persentase tingkat bunga bank.karyawan bertujuan mendapatkan kepuasan dari dari pekerjaannya. Masyarakat bertujuan memperoleh barang atau jasa  yang baik dengan harga yang wajar dan selalu tersedia  dipasar, sedangkan pemerintah  selalu berharap mendapatkan pajak.
J.A.F. Stoner ohmae(1991) yang mengatakan dengan globalisasi berarti: tak ada luar negeri lagi. Dunia sekarang telah  berubah menjadi desa yang besar(big village) dan tanpa batas (bordeless). Setiap orang diakui menjadi warga penduduk dunia,  konsekuensinya baik sebagai  individu, pemimpin atau mempunyai wawasan  tentang aktivitas-akivitas yang terjadi  didunia internasional. Baik yang enyangkut kegiatan ekonomi, sosial, politik, budaya, perkembangan ilmu, teknologi dan nformasi yang melewati batas-batas negara.
 Manajemen sumber daya manusia global adalah penggunaan sumber daya  global untuk memandang batasan geografis. Bidang manajemen global dikarakteristikan oleh 3 pendekatan yaitu :
·         Manajemen SDM Global menekankan manajemen lintas budaya (cross-cultural management) yaitu melihat perilaku manusia dalam organisasi dari persepektif internasional.
·         Dikembangkan dari hubungan industri al komperatif dan literature-literature manajemen SDM dan berusaha utnuk menggambarkan, membandingkan dan menganalisis system SDM di beberapa negara.
·         Berusaha untuk memberikan focus pada aspek manajemen SDM di perusahaan-perusahaan multinasional.
Morga mendefinisikan manajemen SDM global sebagai pengaruh yang mempengaruhi (interplay) diantara ketiga dimensi aktivitas-aktivitas SDM, tipe-tipe karyawan, dan negara-negara operasi. Dalam terminology luas , manajemen SDM global melibatkan aktivitas-aktivitas yang sama  seperti MSDM domestic.
Morgan menggambarkan MSDM gloal dalam 3 dimensi yang meliputi:
1.      Aktivitas-aktivitas SDM yang luas meliputi pengadaan tenaga kerja , alokasi dan pemanfaatan (ketiga aktivitas  luas ini dapat dengan mudah diperluas kedalam enam aktivitas SDM)
2.      Kategori negara atau bangsa yang terlibat dalam aktivitas-aktivitas MSDM internasional:
·         Negara tuan rumah(host-country), dimana  sebuah  cabang dapat ditempatkan.
·          Negara asal( home  country),  dimana perusahaan itu memiliki kantor pusat.
·         Negara – negara lain yang mungkin  menjadi sumber tenaga kerja modal dan input lainnya.
3.      Tiga kategori karyawan dalam perusahaan multinasional:
·         Karyawan negara tuan rumah(host – country  national/HCNS)
·         Karyawan negara asal (parent-country nationals/PCNS)
·         Karyawan negara ketiga (third-country nationals/TCNS)

B.     Jenis-jenis SDM blobal
1.      Ekspatrian, Ekspatrian adalah seorang karyawan yang bekerja dalam sebuah operasi, yang bukan merupakan warga yang berasal dari negara dimana operasi itu ditempatkan, tetapi karyawan tersebut merupakan seoran warga uang berasal dari negara  dimana kantor pusatorganisasi setempat.
2.      Warga dari tuan rumah, seorang warga  negara tuan rumah adalah seorang karyawan yang bekerja untuk sebuah peusahaan dalam operasi  yang merupakan seorang  warga dari negara negara dimana operasi itu ditempatkan,  tetapi kantor pusat  perusahaan tersebut  berada  dinegara lain. Tujuannya  karena  organisasi  tersebut ingin  memperlihatkan dengan jelas bahwa organisasi  membuat satu komitmen dengan negara tuan rumah  dan bukan hanya membuka sebuah operasi luar negeri.
3.      Warga dari negara ketiga, karyawan ini adalah seorang warga dari satu negara yang bekerja  dinegara kedua, dan dipekerjakan oleh sebuah organisasi yang berkantor pusat negara ketiga.

C.    Aktivitas-aktivitas MSDM
Secara khusus  manajemen SDM merujuk pada aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan oleh satu organisasi untuk memenfaatkan SDM yang secara  efektif,  aktivitas-aktivitas tersebut meliputi:
1.      Perencanaan SDM
2.      Penyusunan staf(rekrutmen, seleksi, penempatan)
3.      Manajemen  kinerja
4.      Pelatihan dan pembangunan
5.      Kompensasi(balas jasa) dan tujuan-tujuan
6.      Hubungan industrial

D.    Perbedaan MSDM internasional dan MSDM  domestik
·         MSDM internsional  lebih luas fungsi yang harus ditangani , contoh: pajak, gaji dalam mata uang asing, keluarga pekerjaan dan lain-lain.
·         Keterlibatan dalam kehidupan pribadi, contoh: akomodasi, budaya, sekolah, lokasi aman.
·         Sistem berbeda  untuk lokasi geografis berbeda
·         Brhubungan dengan berbagai lembaga beragam pemerintah, politik dan agama.
·         Meningkatkan resiko-resiko, contoh kesehatan, keamanan

E.     Teori-teori manajemen Global
global adalah segenap aktivitas manusia dalam organisasi dengan menggunakan bantuan sumber-sumber Manajemen daya dan fasilitas yang diperlukan untuk mencapai  tujuan  secara keseluruhan. Demikian pula  orang yang memegang pimpinan sering disebut manajer atau pimpinan, pemimpi, pembina, kepala, ketua, direktur, administrator, eksekutif, pengurus, pengelola, manajer, manajer itu adalah orang yang aktif  dan bertanggung jawab dalam melakukan tugas-tugas manajemen utnuk mencapai tujuan organisasi. Manajer berfungsi dan berperan mengatur  dan mengalokasikan sumber daya tersebut seoptimal mungkin secara efektif dan efisien sehingga mencapai produktivitas dan kepuasan bagi semua orang yang bekrja sama  dengannya.
F.     Tugas global
Tugas teknis, seseorang dikirim untuk  melakukan pekerjaan  khusus  kemudian kembali, dimana  dibutuhkan   keterampialan kebudayaan  tertentu.
Tugas fungsional, seseorang dikirim untuk melakukan proyek  atau pekerjaan                      besar tetapi kembali setelah pekerjaan  tersebut  selesai,  dan diperlukan  beberapa   keterampilan antara kebudayaan.
Tugas pengembangan, seseorang dikirim untuk mengembangkan  dan meluaskan pemahaman mereka tentang operasi global.
Tugas strategis, seseorang dikirim untuk melakukan pekerjaan  startegis yang penting dalam  tugas ini dibutuhkan  usaha-usaha lebih, serta pemahaman dan keterampilan antara budaya.
G.    Perbedaan-perbedaan menajemen global antar negara-negara
1.      Manajemen   barat(amerika)
Aspek positif:
·         Efisien
·         Disipin
·         Sadar akan waktu
·         Penghormatan terhadap inisiatif individu
Aspek negatif:
·            Manusia diperlakukan seperti mesin
·            Masyarakat yang konsumtif
1.                   Manajemen jepang
Aspek  positif:
·            Solidaritas terhadap kelompok(perusahaan) yang tinggi
·            Dedikasi
·            Kesetiaan
·            Disiplin diri
·            Nasionalisme yang tinggi
·            Penghormatan yang lebih senior
Aspek negatif
·            Opportunities
·            Binatang ekonomi
·            Sangat tertutup
·            Agak angkuh
2.                   Manajemen  cina
Aspek positif:
·            Memegang teguh janji
·            Ulet
·            Tekun
·            Hormat
·            Solidaritas kelompok(suku)
Aspek negatif:
·            Kikir
·            Mengalahkan segala cara untu mencapai tujuan
·            Tertutup
·            Terlalu materialistis

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
              Manajemen sumberday manusia pada suatu negara sangat penting guna perkembangan negara  tertentu  sekaligus salah satu  tameng dai tergusurnya perekonomian  negara dengan berlakunya globalisasi yang sudah berjalan.
Manajemen  sumberdaya  manusia global ini adalah penggunaan sumber daya  global untuk memandang batasan geografis. Manajemen ini mempunyai  aktivitas-aktiviatas dan jenis-jenis yang tersendiri.
Sedang kan manajemen global adalah segenap aktivitas manusia dalam organisasi dengan menggunakan bantuan sumber-sumber Manajemen daya dan fasilitas yang diperlukan untuk mencapai  tujuan  secara keseluruhan
DAFTAR PUSTAKA

Hasibuan, Malayu S.P. 2000. Manajemen  Sumber Daya Manusia.Jakarta:PT Bumi Aksara
Dessler garry. 1998. Manajemen sumer daya manusia jilid 1. Jakarta:PT Prenhellindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar