TUGAS INDIVIDU
MATA KULIAH
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
TENTANG
MANAJEMEN
SUMBER DAYA MANUSIA GLOBAL
OLEH:
LAILATUL QOMARIYAH
11316203778
DOSEN PENGAMPU:
DICKI HARTANTO,M.M
JURUSAN PENDIDIKAN
EKONOMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN
KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM
SULTAN SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU 2014/2015
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Sumber daya manusia
merupakan salah satu faktor kunci dalam
persaingan global, yaitu bagaimana mencipatakan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiiki keterampilan
serta berdaya saing tinggi dalam
persaingan global yang selama inisering
diabaikan. Globalisasi yang sudah pasti dihadapi oleh bangsa indinesia menuntut
adanya efisiensi dan daya saing dalam dunia usaha. Dalam globalisasi yang
menyangkut hubungan interaregional dan internasional akan terjadi persaingan
antara negara.
Manajemen sumberdaya manusia
adalah rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan
penggunaan bakat manusia secara efektif dan efesien guna mencapai tujuan-tujuan organisasional.
Dalam sebuah lingkuangan dimana angkatan kerja terus bertambah, hukum berubah,
manajemen sumber daya mnausia harus terus berubah dan berkembang. Hal ini sangat
benar ketika manajemen beroperasi secara global.
B.
Rumusan Masalah
1. Pengertin
sunberdaya manusia
2. Pengertian
sumberdaya manusia global
3. Aktivitas MSDM
4. Jenis-jenis
MSDM global
C.
Tujuan
1. Untuk
mengetahui apa itu manajemen SDM global
2. Mengetahui
jenis-jenis MSDM global
3. Dan mengetahui
aktivitas serta teori-teori MSDM
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Definisi
manajemen sumber daya manusia global
Sebelum
mengulas MSDM global disini akan saya ulas sedikit tentang MSDM
Manajemen
adalah ilmu dan seni mengatur proses
pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber
daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Manajemen ini
mempunyai 6 unsur (6M) yaitu: men, money, methode, materaials, machines, dan
market.
Manajemen
sumber datya manusia adalah ilmu dan seni yang mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar
efektif dan efisien membantu terwujudnya
tujuan perusahaan, karyawan, dan
masyarakat
Fungsi-fungsi
manajemen sumber daya manusia terdiri
dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pengadaan,
pengembangan kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan, dan pemberhentian.
Tujuannya ialah
agar perusahaan mendapatkan rehabilitas laba yang lebih besar dari persentase tingkat bunga
bank.karyawan bertujuan mendapatkan kepuasan dari dari pekerjaannya. Masyarakat
bertujuan memperoleh barang atau jasa
yang baik dengan harga yang wajar dan selalu tersedia dipasar, sedangkan pemerintah selalu berharap mendapatkan pajak.
J.A.F. Stoner ohmae(1991) yang
mengatakan dengan globalisasi berarti: tak ada luar negeri lagi. Dunia sekarang
telah berubah menjadi desa yang
besar(big village) dan tanpa batas (bordeless). Setiap orang diakui menjadi
warga penduduk dunia, konsekuensinya
baik sebagai individu, pemimpin atau
mempunyai wawasan tentang aktivitas-akivitas
yang terjadi didunia internasional. Baik
yang enyangkut kegiatan ekonomi, sosial, politik, budaya, perkembangan ilmu,
teknologi dan nformasi yang melewati batas-batas negara.
Manajemen sumber daya manusia global adalah
penggunaan sumber daya global untuk
memandang batasan geografis. Bidang manajemen global dikarakteristikan oleh 3
pendekatan yaitu :
·
Manajemen SDM Global menekankan manajemen lintas budaya (cross-cultural
management) yaitu melihat perilaku manusia dalam organisasi dari persepektif
internasional.
·
Dikembangkan dari hubungan industri al komperatif dan literature-literature
manajemen SDM dan berusaha utnuk menggambarkan, membandingkan dan menganalisis
system SDM di beberapa negara.
·
Berusaha untuk memberikan focus pada aspek manajemen SDM di
perusahaan-perusahaan multinasional.
Morga mendefinisikan manajemen
SDM global sebagai pengaruh yang mempengaruhi (interplay) diantara ketiga
dimensi aktivitas-aktivitas SDM, tipe-tipe karyawan, dan negara-negara operasi.
Dalam terminology luas , manajemen SDM global melibatkan aktivitas-aktivitas
yang sama seperti MSDM domestic.
Morgan menggambarkan MSDM gloal
dalam 3 dimensi yang meliputi:
1. Aktivitas-aktivitas
SDM yang luas meliputi pengadaan tenaga kerja , alokasi dan pemanfaatan (ketiga
aktivitas luas ini dapat dengan mudah
diperluas kedalam enam aktivitas SDM)
2. Kategori negara
atau bangsa yang terlibat dalam aktivitas-aktivitas MSDM internasional:
·
Negara tuan rumah(host-country), dimana
sebuah cabang dapat ditempatkan.
·
Negara asal( home country),
dimana perusahaan itu memiliki kantor pusat.
·
Negara – negara lain yang mungkin
menjadi sumber tenaga kerja modal dan input lainnya.
3. Tiga kategori
karyawan dalam perusahaan multinasional:
·
Karyawan negara tuan rumah(host – country
national/HCNS)
·
Karyawan negara asal (parent-country nationals/PCNS)
·
Karyawan negara ketiga (third-country nationals/TCNS)
B.
Jenis-jenis SDM
blobal
1. Ekspatrian,
Ekspatrian adalah seorang karyawan yang bekerja dalam sebuah operasi, yang
bukan merupakan warga yang berasal dari negara dimana operasi itu ditempatkan,
tetapi karyawan tersebut merupakan seoran warga uang berasal dari negara dimana kantor pusatorganisasi setempat.
2. Warga dari tuan
rumah, seorang warga negara tuan rumah
adalah seorang karyawan yang bekerja untuk sebuah peusahaan dalam operasi yang merupakan seorang warga dari negara negara dimana operasi itu
ditempatkan, tetapi kantor pusat perusahaan tersebut berada
dinegara lain. Tujuannya
karena organisasi tersebut ingin memperlihatkan dengan jelas bahwa organisasi membuat satu komitmen dengan negara tuan
rumah dan bukan hanya membuka sebuah
operasi luar negeri.
3. Warga dari
negara ketiga, karyawan ini adalah seorang warga dari satu negara yang
bekerja dinegara kedua, dan dipekerjakan
oleh sebuah organisasi yang berkantor pusat negara ketiga.
C.
Aktivitas-aktivitas
MSDM
Secara khusus manajemen SDM merujuk pada
aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan oleh satu organisasi untuk memenfaatkan
SDM yang secara efektif, aktivitas-aktivitas tersebut meliputi:
1. Perencanaan SDM
2. Penyusunan
staf(rekrutmen, seleksi, penempatan)
3. Manajemen kinerja
4. Pelatihan dan
pembangunan
5. Kompensasi(balas
jasa) dan tujuan-tujuan
6. Hubungan
industrial
D.
Perbedaan MSDM
internasional dan MSDM domestik
·
MSDM internsional lebih luas fungsi
yang harus ditangani , contoh: pajak, gaji dalam mata uang asing, keluarga
pekerjaan dan lain-lain.
·
Keterlibatan dalam kehidupan pribadi, contoh: akomodasi, budaya, sekolah,
lokasi aman.
·
Sistem berbeda untuk lokasi
geografis berbeda
·
Brhubungan dengan berbagai lembaga beragam pemerintah, politik dan agama.
·
Meningkatkan resiko-resiko, contoh kesehatan, keamanan
E.
Teori-teori
manajemen Global
global adalah segenap aktivitas
manusia dalam organisasi dengan menggunakan bantuan sumber-sumber Manajemen
daya dan fasilitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan
secara keseluruhan. Demikian pula
orang yang memegang pimpinan sering disebut manajer atau pimpinan,
pemimpi, pembina, kepala, ketua, direktur, administrator, eksekutif, pengurus,
pengelola, manajer, manajer itu adalah orang yang aktif dan bertanggung jawab dalam melakukan
tugas-tugas manajemen utnuk mencapai tujuan organisasi. Manajer berfungsi dan
berperan mengatur dan mengalokasikan
sumber daya tersebut seoptimal mungkin secara efektif dan efisien sehingga
mencapai produktivitas dan kepuasan bagi semua orang yang bekrja sama dengannya.
F.
Tugas global
Tugas teknis, seseorang dikirim
untuk melakukan pekerjaan khusus
kemudian kembali, dimana dibutuhkan keterampialan kebudayaan tertentu.
Tugas fungsional, seseorang
dikirim untuk melakukan proyek atau
pekerjaan besar
tetapi kembali setelah pekerjaan tersebut selesai,
dan diperlukan beberapa keterampilan antara kebudayaan.
Tugas pengembangan, seseorang
dikirim untuk mengembangkan dan
meluaskan pemahaman mereka tentang operasi global.
Tugas strategis, seseorang
dikirim untuk melakukan pekerjaan
startegis yang penting dalam
tugas ini dibutuhkan usaha-usaha
lebih, serta pemahaman dan keterampilan antara budaya.
G.
Perbedaan-perbedaan
menajemen global antar negara-negara
1. Manajemen barat(amerika)
Aspek positif:
·
Efisien
·
Disipin
·
Sadar akan waktu
·
Penghormatan terhadap inisiatif individu
Aspek negatif:
·
Manusia diperlakukan seperti mesin
·
Masyarakat yang konsumtif
1.
Manajemen jepang
Aspek positif:
·
Solidaritas terhadap kelompok(perusahaan) yang tinggi
·
Dedikasi
·
Kesetiaan
·
Disiplin diri
·
Nasionalisme yang tinggi
·
Penghormatan yang lebih senior
Aspek negatif
·
Opportunities
·
Binatang ekonomi
·
Sangat tertutup
·
Agak angkuh
2.
Manajemen cina
Aspek positif:
·
Memegang teguh janji
·
Ulet
·
Tekun
·
Hormat
·
Solidaritas kelompok(suku)
Aspek negatif:
·
Kikir
·
Mengalahkan segala cara untu mencapai tujuan
·
Tertutup
·
Terlalu materialistis
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Manajemen sumberday manusia pada
suatu negara sangat penting guna perkembangan negara tertentu
sekaligus salah satu tameng dai tergusurnya
perekonomian negara dengan berlakunya
globalisasi yang sudah berjalan.
Manajemen sumberdaya
manusia global ini adalah penggunaan sumber daya global untuk memandang batasan geografis.
Manajemen ini mempunyai
aktivitas-aktiviatas dan jenis-jenis yang tersendiri.
Sedang kan manajemen global
adalah segenap aktivitas manusia dalam organisasi dengan menggunakan bantuan
sumber-sumber Manajemen daya dan fasilitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan
secara keseluruhan
DAFTAR PUSTAKA
Hasibuan, Malayu S.P. 2000. Manajemen
Sumber Daya Manusia.Jakarta:PT Bumi Aksara
Dessler garry. 1998. Manajemen sumer daya manusia jilid 1.
Jakarta:PT Prenhellindo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar